Terimakasih Telah mengunjungi Blog Ini. Semoga Bermanfaat ya & salam inspiratif :)

Selasa, 10 Januari 2017

Belajar Dari Kesalahan Orang Lain

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh....

Haloo sahabat, dimanapun anda berada. Semoga kita semua slalu diberikan kemudahan oleh Allah swt dalam belajar di universitas kehidupan ini dengan baik ya, amiin.

Baiklah, kali ini kita akan membahas mengenai tema 'Belajar Dari Kesalahan Orang Lain'.



Beberapa hari yang lalu, saya dimintai tolong oleh seorang teman untuk menemani memperbaiki motornya ke bengkel.



Usut punya usut ternyata motornya sudah rusak parah karena tidak pernah di servis sehingga biaya kerusakannya pun cukup lumayan, karena kondisinya yang pada saat itu tidak punya tabungan dan uang yang cukup untuk biaya perbaikan motor tersebut.

Mau minta tolong orang tua, keadaannya tidak memungkinkan karena penghasilanya hanya pas untuk biaya rumah tangga saja, seperti bayar kontrakan,kebutuhan dapur,dan beberapa kebutuhan primer lainnya.

Lantas bagaimana ujung ceritanya?

Singkat cerita, setelah dibawa ke bengkel dengan di derek motor lain dan diperiksa sesampainya dibengkel, si abang tukang service menjelaskan bahwa biaya seluruhnya mencapai hingga 1juta lebih.

Akhirnya teman saya nego sampai di harga 450ribu dengan dana pinjaman dari saya sebagiannya, dan itupun adalah perbaikan dengan seadanya karena motornya sudah rusak parah namun tiada biaya untuk menebus sebanyak harga di awal tadi.

Berkali-kali teman saya memohon2 pada si abang service dan pemilik bengkel untuk diberikan keringanan, tapi apalah daya mereka pun hanya bisa membantu sedikit keringanan dengan menggantikan barang yang rusak tadi dengan apa yang ada (bekas), dan itupun tidak bisa menjamin bahwa motor akan bisa bertahan lama karena memang sudah harus diganti spare part nya yang rusak tersebut.


Lalu, apa yang bisa kita pelajari dari kejadian ini?

Baiklah, saya akan merangkum pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pentingnya peduli pada apa yang kita miliki

Pada saat kami menunggui motor diperbaiki, berkali-kali ia mengingatkan saya dengan mengatakan 'jangan contoh saya, pedulilah sama service motor agar kejadiannya tidak seperti ini, semua rusak parah dan biaya nya juga cukup besar' dan lain sebagainya.

Menurut saya, ini tidak hanya berlaku pada barang seperti motor teman saya saja tetapi juga bisa kita asumsikan untuk kesehatan tubuh kita.

Benda mati seperti motor saja butuh service,perbaikan dan perhatian, apalagi tubuh manusia yang juga punya keterbatasan#ehm

Yap, mungkin terlihat sepele ketika kita mengabaikan sakit-sakit kecil pada tubuh yang akhirnya menggerogoti seluruh tubuh kita hingga sakit parah seperti motor ini hingga tidak menutup kemungkinan kita pun akan dirawat di rumah sakit karenya.

Dari pelajaran kecil bisa kita ambil hikmah hingga membawakannya pada kehidupan kita secara pribadi. Inilah salah satu cara saya belajar dari kehidupan ini, semoga jadi renungan untuk kita semua. Amiin

2. Pentingnya memiliki tabungan

Yap, dari kejadian ini saya pun belajar bahwa sangat penting untuk kita punya simpanan seberapapun besarnya untuk hal-hal yang tidak terduga seperti ini. Apalagi dengan keadaan keluarga yang pas-pasan, sehingga menuntut kita untuk terus bekerja keras mempunyai penghasilan yang kemudian ditabung untuk masa depan.

Kita tidak pernah tau apa yang terjadi pada kehidupan kita, karena itulah kita harus mempunyai persiapan untuk apapun kondisi yang akan menghampiri kita nantinya didalam kehidupan ini.

3. Berusaha sebaik mungkin untuk menghadapi problema kehidupan

Dari kejadian ini saya juga belajar dari teman tersebut, bahwa usaha terbaik yang bisa ia lakukan adalah dengan memikirkan solusi apa yang bisa membantunya dengan keadaan seminim mungkin dan tetap mendapatkan hasil akhir yang terbaik.

Ya, memang pada saat itu penggantian barang bekas itu bukanlah yang terbaik namun itu cukup bisa membantu bertahan hingga beberapa bulan agar ia tetap bisa menggunakan motornya sembari mengumpulkan uang lagi untuk menebus dengan yang terbaik.

Saya sendiri tidak bisa membayangkan apa yang akan dilakukan jika itu adalah posisi yang dihadapkan pada saya. Karena saya tau kapasitas diri saya seperti apa, dan mungkin saya hanya akan mengambil jalan pintas untuk menyelesaikannya.

Namun, balik lagi pelajaran yang bisa kita ambil adalah 'Allah tidak akan pernah memberikan ujian dan cobaan diluar kesanggupan hambaNya'.


Baiklah sahabat, saya rasa sekian dulu untuk pembelajaran cerita kehidupan pada kesempatan kali ini. Semoga ada hikmah yang bisa kita ambil dan jadikan pelajaran darinya.

Terimakasih sudah membaca.

Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarokatuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar