Terimakasih Telah mengunjungi Blog Ini. Semoga Bermanfaat ya & salam inspiratif :)

Minggu, 14 Juni 2015

“Ramadhan Sudah di Depan Mata”

 

Halo sahabat ilmu, apa kabar iman anda hari ini?
Semoga iman kita semua slalu berada dititik tingkat tertinggi keimanan islam ya. Amin… ^_^
Sebelum memulai topik kita kali ini, saya ingin mengucapkan rasa syukur terlebih dahulu kepada Allah SWT yang masih mengizinkan saya untuk berbagi diblog tercinta ini kepada anda para sahabat ilmu dimanapun berada. Alhamdulillah, berkat izin Nya saya bisa menyelesaikan tulisan ke-2 ini sebelum memasuki ramadhan.
Baik, kita akan langsung ke pembahasan mengenai “ Ramadhan Sudah didepan Mata”. Seminggu yang lalu, saya pergi kerumah kakak Ipar yang berada di Tunggul Hitam (salah satu nama daerah dikota saya), tujuannya adalah mengantarkan kambing yang sudah disemblih untuk dimasak disana karena pada hari itu akan diadakan acara kekahan anak pertama dari kakak saya yang ke-5. Saat menuju kesana, kami melewati pemakaman umum yang ramai sekali didatangi para pelayat dari berbagai daerah sehingga jalur disekitar pemakaman pun macetnya lumayan panjang, karena banyaknya pelayat yang datang kesana.
Saat terkena macet, saya pun menyempatkan mengambil foto dari dalam mobil ( maaf jika fotonya kurang bagus) karena pada saat itu saya sendiri yang menyetir mobil. Seketika itu, terpikir oleh saya bahwa ramadhan sudah didepan mata dan pertanyaan muncul terhadap diri saya, yaitu sudahkah saya mempersiapkan ramadhan untuk tahun ini? Bagaimana dengan Anda?



Yuk,  kita bahas lebih lanjut ….

Marhaban Ya Ramadhan :), selamat datang Ramadhan….
Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah karena banyaknya keistimewaan yang akan kita dapatkan jika melaksanakan segala sesuatunya dibulan ini. Bukan berarti dibulan lainnya tidak baik ya, namun pada bulan ini seluruh amalan yang kita kerjakan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.  Selain itu, ramadhan disebut juga dengan bulan magfirah, yaitu bulan yang penuh ampunan karena pada bulan ini pintu ampunan dibuka selebar mungkin oleh allah swt. Itulah sekilas pembukaan kita mengenai ramadhan, silahkan baca dan pelajari lagi mengenai ramadhan dari berbagi sumber yang lainnya ya.  ^^
Ramadhan sudah di depan mata….
Sudahkah anda mempersiapkan ramadhan tahun ini untuk menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya? Baik dalam hal ibadah, pekerjaan ataupun aktifitas lainnya yang akan anda kerjakan selama bulan ramadhan. Baik, sebentar lagi kita akan bahas mengenai apa saja yang bisa kita lakukan dibulan ramadhan dan bagaimana sih caranya agar tetap semangat dibulan ramadhan.
Oke, saya akan coba bagikan tips kepada anda apa saja yang saya lakukan selama ramadhan tahun lalu, dan persiapan untuk kedepannya hingga kita memasuki Idul fitri. Berikut tips yang bisa anda kerjakan selama ramadhan :
1.      Pasang niat yang lurus untuk kita beribadah hanya kepada Allah swt saja. 
     Contohnya : sebelum memasuki ramadhan, beberapa bulan lalu saya sudah memperbaiki niat bahwa saya harus berubah tahun ini, dengan cara memasang niat bahwa setiap pekerjaan yang saya lakukan semata-mata adalah untuk beribadah kepada Allah swt baik itu ibadah yang dibayar (bekerja) ataupun sosial. Karena dengan begitu, kita akan memiliki kesadaran bahwa apapun aktifitas yang dilakukan adalah ibadah. Sehingga, apapun aktifitasnya kita akan melakukannya dengan senang hati dan tanpa pamrih :)
2.      Setelah kita memperbaiki niat, coba buat target yang akan kita lakukan selama ramadhan.
Contohnya : saya sudah buat target bahwa ramadhan tahun ini saya harus bisa menghafal 1 juz al-qur’an minimalnya dimulai dari juz 30. Mungkin terkesan mudah karena suratnya yang pendek, namun itu juga tidak mudah jika kita tidak pernah memulainya. Alhamdulillah, saya pribadi sudah mulai menghafal sejak 3 bulan lalu setelah mengikuti pelatihan al-qur’an yang waktu itu diadakan oleh teman, meskipun waktu itu saya hanya membantu sebagai panitia dan saat itu juga saya belajar dari pemateri yang luar biasa yaitu Ust. Nurul Habiburrahman dan  Ustadzah Nurul Hikmah bagaimana menghafalkan al-qur’an semudah menggerakkan jari tangan. Dan Alhamdulillah sekali, sejauh ini saya sudah hafal hampir semua surat dijuz 30 ( kurang 5 ayat lagi). Bagi anda yang mau tahu caranya dan ingin belajar bersama, boleh gabung di grup yang baru saya buat disini  https://goo.gl/YLASJu . Harapan saya adalah, semoga bermanfaat untuk anda dan menjadi amal jariah bagi saya nantinya. Insyaallah, amin.
3.      Buatlah agenda yang akan anda lakukan selama ramadhan
Contohnya : anda bisa berkumpul dan mengikuti program dari komunitas atau perkumpulan yang sekarang sudah banyak beredar didunia online maupun offline. Misalnya saja komunitas yang ada dari sosial media seperti grup dari Whatsapp, BBM, Twitter, dan lain-lain.  Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan anda akan bergabung digrup mana saja. Saya sendiri juga sudah mengikuti banyak komunitas dari sosial media seperti whatsapp, diantaranya yaitu ODOJ ( One day One Juz), KUTUB ( Komunitas Tahajud Berantai), JODOH ( Just One Day One Hadits), BISA ( Belajar Ilmu Sharaf), dan banyak lagi grup lainnya. Untuk info dan pendaftaran bergabung silahkan baca dulu di grup ya https://goo.gl/YLASJu
4.      Buatlah list kegiatan per harinya untuk memudahkan anda membangun kebiasaan yang baik dimulai dari awal ramadhan kali ini.
Seperti halnya yang saya lakukan setiap harinya, baik itu dibulan ramadhan maupun diluar ramadhan. Yaitu melakukan rutinitas seperti, shalat dhuha setiap hari, tilawah, muroja’ah hafalan surat pendek, membaca surat al- waqi’ah 2x sehari, surat al-kahfi dan yasin setiap jum’at, surat al-mulk dan as-sajadah sebelum tidur, shalat di sepertiga malam, dan banyak lagi lainnya. Itulah kebiasaan yang sudah saya bangun sejak beberapa bulan lalu, dan Alhamdulillah sekarang sudah menjadi kebiasaan yang rasanya kalau tidak mengerjakan satu saja ada yang kurang dalam hidup saya. Yuk, mulai list aktifitasnya dari sekarang :)
5.      Kerjakanlah rutinitas yang biasa anda lakukan sebelum ramadhan, seperti bekerja atau aktifitas yang anda kerjakan kesehariannya sambil memperbaiki seperti 4 contoh diatas, dan anda juga bisa menambah list kegiatan maupun ibadah yang bisa anda rencanakan untuk ramadhan nantinya.



 Itulah yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, tentu semua tidak terlepas dari keinginan saya untuk berbagi kepada anda disamping gunanya adalah untuk mengingatkan diri saya sendiri, semoga kita semua slalu diberikan kemudahan oleh Allah swt dalam hal kebaikan ya. Amin.

Terimakasih saya ucapkan kepada anda yang sudah membaca blog ini, dan semoga kita bisa saling bersilaturahmi nantinya baik itu dalam grup komunitas yang saya buat ataupun grup yang anda buat. Semoga bermanfaat ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar